Pengabdian Masyarakat Desa Mitra

Dalam rangka mendukung Program Pemerintah serrifikasi tanah , pada Sabtu (07/11/2021) mahasiswa KKNT MBKM Fakultas Hukum UNIKAMA angkatan 2018. Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bersama dosen Fakultas Hukum, Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang yang bertempat di Kantor Balai Desa Bangelan.

“Tujuan pengabdian masyarakat bersama dosen Fakultas Hukum dan mahasiswa KKNT MBKM adalah memastikan bahwa seluruh hak, batasan, dan tanggung jawab masyarakat atas tanah tercatat dalam sistem administrasi pertanahan,” terang dosen pembimbing lapangan 2, Darajatun Indra Kusuma Wijaya, SH., M.Hum.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi dengan masyarakat. Dalam diskusi warga Desa Bangelan berharap kepada pemateri Faniko Andiyansyah S.H.,M.Kn selaku dosen FH UNIKAMA bisa membantu dalam proses pengurusan tanah dan permasalahan mengenai sengketa tanah. Kedua apabila ada program PRONA dari pemerintah agar biaya pembuatannya gratis.

Dosen Fakultas Hukum Faniko Andiyansyah S.H.,M.Kn , memberikan pengarahan kepada warga

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Bangelan, Budiono S.Sos, menyampaikan harapannya dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan berupa pengabdian masyarakat bersama dosen Fakultas Hukum dan mahasiswa KKNT MBKM dengan tema SOSIALISASI SERTIFIKASI TANAH DAN DESA BERSINAR (Bersih Narkoba) ini kesadaran masyarakat akan meningkat terkait administrasi kepemilikan tanahnya. “Selanjutnya kedepannya akan terjalin hubungan yang baik antara pemerintah Desa Bangelan dengan Fakultas Hukum Unikama,” ujar Budiono.

Sementara itu di materi kedua, terkait Desa Bersinar (Bersih Narkoba) untuk dapat keluar dari permasalahan narkoba ini diperlukan model penanggulagan yang sangat mendasar yang mengandalkan kekuatan-kekuatan serta inisiatif warga masyarakat. Dalam konsep pengembangan Desa Wisata di Bangelan, maka perlu adanya keamanan dari dalam untuk bisa membendung obat-obat terlarang masuk desa Bangelan. Dengan kerjasama BNN Kabupaten Malang dan Desa Bangelan serta dosen Fakultas Hukum dan mahasiswa KKNT MBKM konsep Desa Bersinar (Bersih Narkoba) bukan hanya sebagai konsep saja tapi kami realisasikan dengan bentuk diskusi bersama masayarakat Desa Bangelan Bersinar (Bersih Narkoba) menjadi salah satu benteng untuk menangkal peredaran obat obat terlarang di Desa Bangelan terang dosen pembimbing lapangan 1 Fahmi Arif Zakaria, SH., M.Hum., M.Pd sehingga reaksi dan aksi yang dikencarkan oleh desa Bangelan sangat maksimal.

Dekan Fakultas Hukum Dr. Suciati, SH., M.Hum membuka acara sosialisasi sertifikasi tanah dan desa bersinar

Kegiatan yang dilaksanakan di balai Desa Bangelan ini dihadiri tokoh masyarat, Ketua RT, RW dan jajaran pemerintahan Desa Bangelan beserta instansi terkait.

FAKULTAS HUKUM UNIKAMA MENGADAKAN SOSIALISASI SERTIFIKASI TANAH DAN DESA BERSINAR (Bersih Narkoba) di Desa Bangelan
WhatsApp chat