UNIKAMA – Fakultas Hukum (FH) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Prosesi Yudisium semester genap tahun akademik 2020/2021. Kegiatan ini masih dilakukan secara Daring melalui aplikasi Zoom, Jum’at (06/08/2021). Di semester genap ini FH meluluskan 17 mahasiswa.

Mahasiswa yang berhasil lulus ini telah melalui proses yang panjang, pasalnya untuk bisa lulus dalam FH tidaklah mudah. Ada keriteria tersendiri untuk bisa lulus dan meraih gelar, salah satunya mampu berkomunikasi dengan baik.

Dr. Suciati, SH., M.Hum., selaku Dekan FH menerangkan bahwa ilmu hukum selalu tunduk pada sistem pemikiran manusia yang tunduk pada hukum. Maka dari itu, pendidikan moral sangatlah penting untuk membentuk pribadi yang berkarakter kuat. Link daftar winslot777 slot online anti rungkad.

“Lulusan harus tahu untuk menjadi advokat harus memiliki beberapa unsur ini diantaranya mampu membangun pertemanan dengan baik sehingga bisa membangun relasi yang luas, dapat berbahasa Indonesia dengan baik serta bisa menguasai bahasa Inggris agar dapat menyelesaikan pemasalahan hukum di tingkat Internasional. Selain itu, pahami teori dasar-dasar hukum dengan baik,” tuturnya.

Lulusan yang ingin menjadi seorang advokat juga harus paham tentang pengetahuan umum dan bisnis karena ilmu hukum berkaitan dengan masalah masyarakat. Kemampuan lain yang harus dimiliki yakni public speaking dan ketelitian, ini merupakan syarat utamanya.

“Mahasiswa sudah dibekali ilmu komunikasi dan juga mampu menganalisis serta menemukan cara penyelesaian masalah dengan baik. Oleh karena itu, mahasiswa diberikan kesempatan untuk magang atau PKL sebagai wahana pengetahuan dunia advokat yang sesungguhnya. Tujuan adanya magang ini supaya mahasiswa mengetahui dunia hukum profesional,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa yang berprestasi Erlina Sekar Sari dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 3.81 memberikan sambutan. Mewakili teman-temannya ia merasa bersyukur sudah sampai tahapan yudisium ini.

“Inilah awal kita menuju kehidupan yang sesungguhnya, setelah lulus di luar sana akan banyak sekali tantangan yang ditemui. Apapun tantangannya, bawalah ilmu yang kita dapat ini dan mempergunakannya dengan baik. Saya berharap ilmu ini akan meberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. Tak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada para Dosen yang telah memberikan ilmunya dan membimbing kami sampai meraih gelar sarjana,” tutupnya.

Fakultas Hukum Unikama Gelar Yudisium Semester Genap, Lulusan Harus Pandai Berkomunikasi
WhatsApp chat