UNIKAMA – Ilmu Hukum merupakan salah satu Prodi (Program Studi) yang ada di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) dan menjadi salah satu incaran bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi. Prodi Ilmu Hukum mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan maupun kegiatan bisnis dengan kata lain link and match dengan dunia usaha dan dunia industri saat ini.

Fahmi Arif Zakaria, SH., M.Hum., M.Pd selalu Dosen dan GKM (Gugus Kendali Mutu) di Prodi Ilmu Hukum menjelaskan bahwa mahasiswa di Prodi ini dibekali dalam pembelajaran secara teori akan tetapi juga praktek langsung di lapangan atau kepada masyarakat yang biasa di kenal dengan Law in Books and Law in Action.

“Di sini mahasiswa Prodi Ilmu Hukum mempelajari perundang-undangan termasuk di dalamnya hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana), hukum acara (perdata, pidana dan Peradilan Tata Usaha Negara) hingga hukum internasional. Banyak anggapan dari masyarakat awam bahwa jurusan hukum pasti nanti jadi pengacara, advokat ataupun notaris. Memang, secara garis besar profesi hukum itulah yang sering berhubungan langsung dengan masyarakat. Hal inilah yang menimbulkan berbagai macam anggapan bahwa kuliah di jurusan hukum hanya seputar itu saja,” paparnya.

Proses belajar mengajar kurikulum di Prodi Ilmu Hukum di rancang sesuai dengan perkembangan jaman dan dunia kerja.Kegiatan belajar yang efektif dan efesien yang berorientasi agar mahasiswa menguasai aspek bidang hukum secara profesional hingga mampu memberikan layanan/bantuan (advice) dan menyelesaikan permasalahan hukum kepada masyarakat di lingkungannya. Mahasiswa juga dibekali dengan keahlian pembuatan kontrak/ perjanjian (contract draft) , teknik penyusunan peraturan perundang-undangan (legislatif draft) , praktek peradilan perdata dan pidana, advokasi penyelesaian sengketa.

“Ada tiga konsentrasi hukum yang ditawarkan Prodi kami, diantaranya Hukum Perdata, Hukum Pidana, dan Hukum Tata Negara. Kami juga mengharapkan dalam proses pembelajaran mahasiswa dapat lebih luas pengetahuan dan wawasannya, bisa menjadi karakter yang positif, bisa mengetahui dasar hukum dan bagaimana perkembangan hukum di Negara dan tidak selalu menghafal teks. Jadi, mahasiswa dituntut agar memiliki analisa yang baik dalam suatu perundang-undangan, ” tambahnya.

Adapun prestasi yang diraih Prodi Ilmu Hukum tahun ini yakni mendapat hibah MBKM dan sedang proses melaksanakanya, untuk prestasi mahasiswanya Fakultas Hukum Juara 1 Duta Kewirausahaan tingkat Universitas. Selain itu, di tahun ini Prodi yang bekerjasama dengan Bawaslu mengadakan sekolah pemilu. Ini akan menambah wawasan mahasiswa terkait pemilu yang sebenarnya seperti apa. Klaim bonus new member di Viralslot77 sekarang. Ia berharap mahasiswa Sarjana Hukum mampu mengembangkan keterampilan hukum yang kokoh, yang dipadukan dengan integritas pribadi yang kuat untuk meraih keberhasilan dalam berbagai profesi hukum, baik di lingkup Nasional maupun global.

“Untuk kedepannya saya juga berharap Unikama bisa bersinergi dengan Fakultas Hukum pengembangan Kurikulum, didasarkan pada landasan hukum Nasional dan Internasional yang kokoh serta riset terkait. Hal ini agar mahasiswa mampu menguasai pengetahuan hukum dan memiliki kemampuan memecahkan masalah, mampu memahami, memeriksa dan merancang dokumen hukum dan peraturan, mampu menangani permasalahan hukum dalam lingkup pemerintahan dan pelayanan publik, ” tutupnya.

Law in Books and Law in Action Jadi Salah Satu Keunggulan Pembelajaran Program Studi Hukum Unikama
WhatsApp chat