Dalam rangka menyiapkan lulusan yang tangguh dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat di era revolusi industri 4.0, kompetensi mahasiswa harus semakin diperkuat sesuai dengan perkembangan yang ada. Diperlukan adanya link Winslot777 and match antara lulusan pendidikan tinggi bukan hanya dengan dunia usaha dan dunia industri saja tetapi juga dengan masa depan yang semakin cepat mengalami perubahan. Berdasarkan hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberlakukan kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi melalui program “Merdeka Belajar– Kampus Merdeka (MBKM)” yang saat ini mulai diterapkan oleh perguruan tinggi.

Kunci keberhasilan implementasi kebijakan MBKM di sebuah perguruan tinggi adalah adanya keberanian dalam mengubah pola pikir dari pendekatan kurikulum berbasis konten yang kaku menjadi kurikulum berbasis capaian pembelajaran yang adaptif dan fleksibel untuk menyiapkan mahasiswa menjadi insan dewasa yang Panduan Program Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka mampu berdikari. Program studi ditantang dalam mengembangkan kurikulum yang adaptif dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang semakin pesat tanpa keluar dari tujuan dalam menghasilkan lulusan sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditentukan.

Universitas PGRI Kanjuruhan berkerjasama dengan Bawaslu Kota Malang melaksanakan Pembukaan Kelas Pengawasan Pemilu (KPP). Acara dihadiri Aang Kunaifi, S.H.,M.H selaku Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Alim Mustofa Ketua Bawaslu Kota Malang,  Suciati, S.H.,M.Hum Dekan Fakultas Hukum Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Rusmi Fahrizalrustam, S.H, Erna Al Maghfiroh, S.T dan Iwan Sunaryo, S.H selaku Anggota Bawaslu Kota Malang.

Bawaslu sendiri sejatinya ada sekian banyak progam berkaitan dengan pendidikan politik kepada masyarakat, yang pada prinsipnya memberikan prespektif pengawasan pemilu kepada masyarakat. Karena sejauh ini hampir dalam setiap pelaksanaan penyelenggaraan pemilu maupun pemilihan kepala daerah rata-rata prespektif masyarakat atau pemilih dalam penyelenggaraan pemilu maupun pemilihan kepala daerah hanya sekedar partisipasi itu diwujudkan di hari pemungutan suara saja yaitu hadir di hari pemungutan suara dan menggunakan hal pilih selesai. Partisipasi masyarakat tidak sebatas itu, tapi mulai awal proses pendaftaran peserta pemilu sudah mulai dibuka ruang sebenarnya pada masyarakat untuk memberikan masukan apakah layak partai ini mengusung si B sedangkan catatan si B ini pernah seperti ini seperti itu

Dengan adanya Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) yang diusung Bawaslu Kota Malang masyarakat dapat berperan aktif dalam Penyelenggaraan Pemilu dan mudah-mudahan kelas pengawas pemilu di kota malang ini bisa berkelanjutan dan sebagian besar bisa mengambil tema untuk tugas akhir nanti terkait dengan hukum pemilu.  Bagi mahasiswa mahasiswa dapat memaksimalkan potensi dirinya untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan dan mendapatkan kompetensi tambahan melalui kegiatan belajar dan pengalaman yang diperoleh di dalam prodi dan di luar prodinya selama maksimum tiga semester.

Implementasikan Kampus Merdeka Belajar Fakultas Hukum Unikama Buka Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) Pertama Di Jawa Timur Berkerjasama dengan Bawaslu Kota Malang
WhatsApp chat